Laman

Thursday, November 22, 2012

Antara Softsub dan Hardsub

 Sebelumnya akan saya beritahu. Takarir adalah subtitle.

Saya banyak melihat leecher di Indonesia masih belum bisa membedakan apa itu softsub dan hardsub. Maka dari itu di sini akan saya jelaskan. Mungkin bisa dibilang garis besarnya saja.

-Hardsub-
Takarir jenis ini sudah menyatu bersamaan dengan video. Dan takkan bisa dilepas, dihilangkan, ataupun disunting. Walau kontainernya .mkv sekalipun.

-Softsub-
Takarir jenis ini kebalikan dari hardsub. Pada softsub, takarir film masih bisa disembunyikan saat playback. Lalu sebut saja softsub dibagi menjadi dua jenis:
1. Internal; yaitu takarir yang disatukan dengan video (dan audio) bersamaan dengan font-fontnya yang biasanya menggunakan mkvmerge.
2. Eksternal; yaitu takarir yang diunduh secara terpisah dengan video.


Sekarang saya ceritakan sedikit sejarahnya.
Dahulu, fansubber tahun 2000 sampai 2006 menggunakan hardsub dengan kontainer .avi dikarenakan belum ada teknologi video dan audio yang mapan pada saat itu. Proses encoding zaman itu memakai Virtualdub / Virtualdubmod, kualitasnya standar, .avi codecnya XviD, audio mp3, dan ukurannya sekitar 170MB. Lalu seiring perkembangan zaman, pada tahun 2007, berkembanglah kontainer .mkv dan softsub (kalau tidak salah zaman ini lagi ngetrendnya membuat efek karaoke/typset/logo menggunakan Adobe After Effect, tergantung kebijakan masing-masing fansub). Setelah para fansubber mencoba dan melihat perbedaan antara hardsub dan softsub, mereka tahu. Saat di-hardsub, pada sekitar takarir akan terlihat artifak yang kurang bagus. Mengurangi kualitas video karena terjadi peleburan takarir dengan bitrate video. Kalau softsub itu tergantung pada pixel, konsepnya sama dengan vektor. Font diperbesar segede gaban tidak akan rusak. Kalau misalnya hardsub, fontnya diperbesar, maka artifaknya akan semakin terlihat. Karena anime adalah animasi yang penuh warna. Namun ada cara bila hardsub dan tidak ingin terlihat artifaknya. Yaitu dengan meningkatkan bitrate di atas 2000.

Nambah nggak yah? Ada masukan lain? Atau ada pertanyaan?

Sumber ; http://sekolah.fansub.web.id/2011/12/antara-softsub-dan-hardsub.html













No comments:

Post a Comment