Laman

Friday, November 23, 2012

Encode - A little step forward

Maap kalo judulnya sok bahasa linggis :v


Kali ini perangkat yang digunakan hampir sama dengan tutor sebelumnya, tapi sekarang saya meng-upgrade megui yang saya gunakan ke versi 2050.

Seperti sebelumnya, pastikan semua perangkat yang dibutuhkan pada tutor sebelumnya sudah terinstal, lalu kita mulai saja

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :





1. Jalankan tools meguinya.













2.  Lalu buatlah sebuah skrip avs dengan cara seperti dibawah ini.























3. Setelah itu akan muncul pilihan seperti berikut, untuk tutor kali ini menggunakan pilihan directshow.












4. Setelah me-load video, kemudian simpan skrip tersebut.













5. Kembali ke halaman utama, lalu klil config pada pengaturan encoder x264

                                Menggunakan metoda CRF











                               Menggunakan metoda Bitrate












gunakan salah satu cara diatas lalu klik ok (maap okehnya ga keliatan :v).


6. Kembali ke halaman utama, lalu klik queue.













7. Sekarang tinggal meng-encode audionya, caranya adalah seperti ini :













8. Kemudian klik queue.



9. Setelah semuanya selesai, masuk ke halaman queue dan mulai proses encoding dengan meng-klik tombol start

10. Jangan lupa mux semua file hasil encode menjadi satu menggunakan mkvmerge, atau di megui ke tools > muxer > mp4 muxer atau mkv muxer


11. Selesai, silakan cek hasil encode Anda, apabila masih terasa jelek, rubahlah setting-setting yang ada, karena saya juga masih mencari setting yang benar-benar pas untuk digunakan, "No Pain No Gain" (sok b.Inggris lagi :v)


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Hanya ini saja yang dapat saya jelaskan (meskipun gak jelas)
Sebenarnya saya bukanlah encoder, tapi saya hanya membagikan ilmu yang saya dapat dan semoga bermanfaat bagi orang lain.
Jika masih ada kesalahan pada saat menggunakan cara dari tutor ini saya mohon maaf, dan jika bisa mungkin Anda dapat menyelesaikan hal tersebut sendiri

"Orang akan bodoh dan kehilangan arah saat mereka berhenti bertanya, tetapi alangkah baiknya cari tahu dulu sebelum bertanya"

sekian, Wasalamu'alaikum WR WB

Sumber : http://sekolah.fansub.web.id/2011/09/encode-little-step-forward.html

No comments:

Post a Comment